free hit counter Mengenai Perihal Proses Bunyi Hingga Terdengar Oleh Telinga Kita, Apa Yang Bisa Kalian Ambil Manfaat atau Kekurangannya dari Artikel Tersebut? - burtonmotorfactors.com

Mengenai Perihal Proses Bunyi Hingga Terdengar Oleh Telinga Kita, Apa Yang Bisa Kalian Ambil Manfaat atau Kekurangannya dari Artikel Tersebut?

burtonmotorfactors.com– Halo Sobat Kali ini kami akan berbagi jawaban berasal dari soal TVRI yang berbunyi “Sesudah anda memperhatikan video itu, apa yang mampu anda simpulkan berkenaan proses bunyi sampai terdengar oleh telinga kami?“.

Kalimat itu merupakan salah satu pertanyaan didalam program Studi berasal dari Rumah TVRI hari Selasa, 28 Juli 2020 untuk siswa-siswi SD kelas 4 – 6. Pada materi kali ini, para siswa SD kelas 4 – 6 akan diajak untuk melihat tayangan perihal Bagaimana Bunyi Terdengar oleh Telinga yang tayang di TVRI pada pukul 09.00 – 09.30 Wib.

Ada sebagian soal yang diberikan didalam materi kali ini, salah satunya berbunyi “Sehabis anda perhatikan video itu, apa yang bisa anda simpulkan berkaitan proses bunyi sampai terdengar oleh telinga kami?”.

Pertanyaan

1. Sehabis anda memperhatikan video itu, apa yang bisa anda simpulkan berkaitan proses bunyi sampai terdengar oleh telinga kami?

2. Sehabis melihat video perihal bunyi dan sifatnya, sekarang coba melaksanakan percobaan simple di rumah dengan menyiapkan 3 gelas kosong yang terbuat berasal dari kaca.
Lalu isi gelas pertama dengan air hingga penuh, isi gelas kedua dengan air setengahnya saja, dan isi gelas ketiga dengan air yang lebih sedikit berasal dari gelas kedua.
Sesudah itu, pukul ketiga gelas itu secara bergantian dengan mengenakan sendok. Apa pendapatmu berkaitan perbandingan bunyi itu?

Jawaban

1. Nada berupa getaran ditangkap telinga bagian luar, lalu diteruskan ke saluran telinga.
Getaran lantas memberi tekanan pada gendang telinga (Membran timpani) dan diteruskan ke tulang pendengaran. Tulang pendengaran memperkuat getaran dan mengirimkannya ke telinga bagian di dalam. Getaran diubah jadi impuls listrik dan dikirim ke saraf pendengaran pada otak. Otak sesudah itu menerjemahkan implus ini sebagai nada.

2. Didalam percobaan itu ternyata bunyi yang dihasilkan oleh 3 gelas yang memuat air itu berbeda-beda. Gelas yang memuat air penuh bunyinya paling pelan dan tidak nyaring. Selagi itu gelas yang memuat setengah air bunyinya lebih nyaring berasal dari gelas yang terisi air penuh. Sedangkan gelas yang paling sedikit terisi air, bunyi yang dihasilkan paling nyaring berasal dari gelas yang lain.

Hal ini berjalan karena gelas yang volume airnya sedikit punyai lebih banyak ruang terisi udara, supaya ketika dipukul suaranya lebih nyaring dibandingkan yang memuat air lebih banyak.

Itulah jawaban berasal dari soal TVRI yang berbunyi “Sesudah anda perhatikan video itu, apa yang mampu anda simpulkan perihal proses bunyi sampai terdengar oleh telinga kami?”, semoga berfaedah.

Sekian dan Terimakasih

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *