free hit counter Nomor NIK Jadi NPWP Tak Otomatis sebabkan Pemilik Dikenai Pajak - burtonmotorfactors.com

Nomor NIK Jadi NPWP Tak Otomatis sebabkan Pemilik Dikenai Pajak

Nomor NIK Jadi NPWP Tak Otomatis sebabkan Pemilik Dikenai Pajak

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Interaksi Penduduk Direktorat Jenderal Pajak (Djp) Neilmaldrin Noor membuktikan, pemberlakuan Nomor Orang tua Kependudukan (Nik) jadi Nomor Pokok Harus Pajak (Npwp) tidak otomatis sebabkan pemilik NIK akan dikenai pajak.

“Untuk pengenaan pajak, pemilik NIK kudu sudah mencukupi syarat subjektif (Terhitung sebagai subjek pajak) dan objektif (Beroleh penghasilan setahun di atas batas Penghasilan Tidak Kena Pajak),” kata Neilmaldrin di dalam keterangan resminya di Jakarta, Minggu 10 Oktober 2021, layaknya dilansir berasal dari Antara.

Neilmaldrin menjelaskan pemberlakuan NIK jadi NPWP pada dasarnya akan memperkuat reformasi administrasi perpajakan yang tengah terjadi.

Pemberlakuan tersebut pun akan mengintegrasikan platform administrasi perpajakan bersama dengan basis data kependudukan, dan juga memberi kemudahan dan kesederhanaan administrasi dan kepentingan nasional.

Sebelumnya, Neilmadrin menuturkan Harus Pajak (Wp) Orang Pribadi (Op) perlu mendaftarkan diri ke Kantor Pelayanan Pajak (Kpp) untuk memperoleh Npwp.

Tapi, di dalam Undang-Undang (Uu) Harmonisasi Aturan Perpajakan (Hpp), faedah NIK ditambah jadi sekaligus sebagai NPWP bagi WP Op.

“Bersama dengan ketetapan baru ini, maka WP OP tidak wajib repot jalankan pendaftaran ke Kpp, gara-gara NIK itu udah berfaedah sebagai Npwp,”terang Neilmaldrin.

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *