free hit counter Jangan Disepelekan Para Wanita Perlu Mengenali Gejala Sifilis di Tiap Tahapan - burtonmotorfactors.com

Jangan Disepelekan Para Wanita Perlu Mengenali Gejala Sifilis di Tiap Tahapan

Sifilis atau sipilis pada wanita terhitung penyakit menular seksual (Kelamin) yang berisiko membahayakan nyawa. Walaupun begitu, sipilis sanggup bersama gampang diobati, terutama jika terdeteksi di termin awal. Oleh dikarenakan tersebut, vital untuk bisa memahami gejala sifilis (Sipilis) supaya Kamu bisa beroleh dukungan medis secepat kemungkinan. Lebih lengkap, simak penjelasannya berikut ini, yuk!

Apa itu sifilis (sipilis)?

vagina gatal

Sifilis atau sipilis pada wanita terhitung penyakit menular seksual (Kelamin) yang berissebelum membahas lebih jauh seputar sifilis (Sipilis) pada wanita, Kamu mesti jelas apa tersebut penyakit sipilis.

Dikutip berasal dari Mayo Clinic, penyebab sipilis adalah bakteri Treponema pallidum.
Serupa layaknya penyakit kelamin menular lainnya, sipilis sanggup menyebar lewat beragam type kontak seksual, layaknya pas berciuman.

Sipilis, dikenal sebagai penyakit raja singa, juga mampu menyebar berasal dari ibu yang terinfeksi kepada janin di dalam kandungannya atau waktu kelahiran.

Sifilis (Sipilis) bawaan berasal dari ibu ke anak bisa tingkatkan risiko keguguran, bayi lahir mati, atau kematian bayi di dalam lebih dari satu hari sehabis kelahiran.

iko membahayakan nyawa. Walaupun begitu, sipilis sanggup bersama enteng diobati, terutama jika terdeteksi di termin awal.

Oleh gara-gara tersebut, vital untuk bisa memahami gejala sifilis (Sipilis) supaya Kamu bisa meraih perlindungan medis secepat barangkali. Lebih lengkap, simak penjelasannya berikut ini, yuk!

Apa saja gejala sipilis pada wanita?

keputihan pada remaja

Sebenarnya sifilis (Sipilis) bisa bersama gampang diobati, terutama jika terdeteksi di termin awal.

Oleh gara-gara tersebut, terlalu berarti untuk bisa jelas gejala sifilis (Sipilis) pada wanita semenjak dini supaya bisa diberikan perlindungan medis secepat kemungkinan.

Sehabis sembuh, sipilis tidak kambuh lagi bersama dengan sendirinya. Tapi, Kamu bisa terinfeksi lagi jika laksanakan kontak seksual bersama seseorang yang miliki sipilis.

Penyakit ini berkembang secara bertahap bersama gejala sifilis yang bervariasi di tiap-tiap tahapan.
Gejala antar tahapan juga bisa saja timbul tumpang tindih satu mirip lainnya atau tidak selalu berjalan di dalam urutan yang serupa.
Kamu bisa saja saja terinfeksi penyakit raja singa dan tidak tahu gejala apapun selama bertahun-year.
Sehingga lebih memahami, berikut gejala sifilis (Sipilis) yang khas berjalan pada wanita:

Gejala sifilis pada wanita di tahap pertama

vagina

Gejala sifilis (Sipilis) pada wanita yang biasanya muncul di awal adalah sariawan kemerahan atau disebut juga sebagai chancre.

Sariawan yang tidak terasa sakit ini muncul di bagian tubuh, seperti:

  • Labia (bibir luar vagina)
  • Bagian dalam vagina
  • Rektum (bukaan anus)
  • Bagian dalam mulut

Chancre bisa berkembang mulai berasal dari 10-90 hari sehabis infeksi awal. Tetapi, saat rata-rata perkembangannya yakni 21 hari sehabis infeksi hingga gejala pertama berkembang.
Sariawan ini kerap kali luput untuk langsung disadari oleh pengidap sipilis, lebih-lebih jika sariawan timbul di didalam leher rahim atau bukaan vagina (Serviks).
Tak sekedar tersebut, pembengkakan kelenjar getah bening mampu berlangsung di dekat area chancre.
Chancre biasanya terjadi selama 3-6 minggu dan bisa sembuh bersama dengan sendirinya tanpa pengobatan.
Sebatas saja, chancre bisa meninggalkan bekas luka tipis di daerah tubuh yang terkena.
Walaupun chancre sudah sembuh, jejak sipilis masih ada di dalam tubuh dan Kamu masih bisa menularkan infeksi kepada orang lain.

Gejala sipilis pada wanita di tahap sekunder

infeksi vagina

Gejala sipilis sekunder ditandai bersama dengan ruam kemerahan di kulit yang muncul kurang lebih 2-12 minggu sehabis chancre berkembang dan kadang sebelum sempat sembuh keseluruhan.
Ruam biasanya terdiri berasal dari lesi kulit datar atau sedikit terangkat bersama karakteristik-karakteristik sebagai berikut:

  • Berwarna coklat kemerahan
  • Kecil (kurang dari 2 cm)
  • Terasa padat

Ruam ini bisa timbul di semua tubuh, namun seringnya di telapak tangan dan/atau kaki. Ruam barangkali terlihat layaknya kasus kulit generik lainnya.

Tak hanya ruam, luka kecil terbuka layaknya kutil lembap yang bisa saja memuat nanah bisa saja muncul di selaput lendir, layaknya di di dalam mulut atau vagina.

Pada orang yang berkulit gelap, luka kemungkinan miliki rona yang lebih muda berasal dari kulit di sekitarnya. Ruam kulit dan kutil ini terlampau menular.

Ruam kulit biasanya sembuh di dalam selagi 2 bulan bersama sendirinya tanpa bekas jaringan parut. Sehabis penyembuhan, rona kulit mampu berubah.

Tetapi, meski ruam kulit udah sembuh, jejak sipilis masih ada dan Kamu bisa saja masih bisa menularkan infeksi kepada orang lain.

hal yang bahaya bagi vagina

Di samping ruam dan kutil, gejala lain juga mampu berjalan yang signifikan bahwa infeksi udah menyebar ke semua tubuh, misalnya:

  • Demam ringan yang kurang dari 38ºCelcius.
  • Sakit tenggorokan.
  • Kelelahan atau ketidaknyamanan tubuh.
  • Penurunan berat badan.
  • Rambut rontok di beberapa bagian, terutama di alis, bulu mata, dan rambut di puncak kepala.
  • Pembengkakan kelenjar getah bening.
  • Gejala gangguan sistem saraf, seperti leher kaku, sakit kepala, mudah marah, paralysis (kelumpuhan), refleks yang tidak sama, dan ukuran pupil mata yang tidak teratur.
  • Bercak putih di hidung, mulut, dan vagina.
  • Nyeri sendi.

Gejala ini akan hilang bersama dengan sendirinya terlepas berasal dari apakah Kamu terima pengobatan atau tidak.

Tetapi, tanpa pengobatan, infeksi masih ada di didalam tubuh Kamu dan belum hilang. Tersebut sebabnya, Kamu benar-benar berisiko menularkan penyakit sifilis selama termin sekunder ini.

Gejala sipilis pada wanita di tahap ketiga (laten)

mengobati vagina gatal sipilis pada wanita

Jika tidak diobati, gejala sifilis (Sipilis) pada wanita akan berlanjut ke termin laten (Tersembunyi). Termin laten didefinisikan sebagai satu year sesudah seorang wanita terinfeksi.

Sehabis ruam termin sekunder hilang, Kamu tidak akan mempunyai gejala untuk lebih dari satu lama. Periode laten bisa saja bisa sesingkat 1 year atau berkisar berasal dari 5-20 year.

Gejala sipilis di termin ketiga ditandai bersama rusaknya sejumlah platform organ dan lebih-lebih bisa berakibat fatal. Organ tubuh yang kemungkinan rusak meliputi:

  • Otak (menyebabkan stroke, kebingungan mental, meningitis),
  • Saraf
  • Mata
  • Jantung
  • Pembuluh darah
  • Hati
  • Tulang
  • Sendi

Gejala sifilis (sipilis) tahap akhir pada wanita bisa termasuk:

  • Masalah dengan gerakan tubuh
  • Hilangnya penglihatan secara bertahap
  • Dementia
  • Kelumpuhan
  • Mati rasa

Penaksiran yang seksama pada termin ini cuman sanggup dijalankan lewat tes darah dan riwayat kesegaran sebelumnya.

Seseorang kemungkinan menularkan sifilis selama periode laten meski tidak ada gejala yang hadir.

Apalagi, seorang ibu hamil masih berisiko menularkan infeksi ini kepada bayi di didalam takaran meski penyakit berada di termin laten.

Ibu hamil bersama sifilis di termin laten berisiko mengalami keguguran, bayi lahir mati kala persalinan (Stillbirth), atau melahirkan bayi bersama sifilis kongenital.

Gejala sipilis pada wanita di tahap akhir (kambuhan)

vagina kering sipilis pada wanita

Kira-kira 20-30 berasal dari 100 orang bersama dengan sifilis sanggup mengalami infeksi kambuhan selama termin laten, terhitung para wanita.

Infeksi kambuhan penting Kamu udah bebas berasal dari gejala sipilis, namun lantas mengalami gejala lagi. Kambuh bisa berlangsung selama lebih dari satu kali sesudah gejala hilang.

Tetapi, ketika sifilis tidak lagi kambuh, seseorang tidak akan menularkan sipilis kepada orang lain.

Bagaimana mengatasi sipilis pada wanita?

Amoxicillin obat batuk antibiotik

Obat yang paling ampuh untuk menangani sipilis pada wanita di segala termin penyakit adalah antibiotik penisilin.

Seberapa segudang dan berapa lama Kamu konsumsi obat sifilis ini tergantung berasal dari termin penyakit dan gejalanya.

Dikutip berasal dari web site Office on Women’S Health, penisilin kondusif dikonsumsi untuk wanita yang tengah hamil.

Wanita hamil yang mengidap sipilis perlu secepatnya diobati sehingga menghambat penularan penyakit pada bayinya.

Tidak cuman minum obat yang dianjurkan untuk sipilis pada wanita, Kamu juga harus menghindari berhubungan seksual hingga sahih-sahih sembuh.

Sifilis merupakan penyakit yang sanggup disembuhkan jika dideteksi dini dan diobati bersama dengan tepat.

Oleh sebab tersebut, jangan ragu untuk konsultasi ke dokter soal situasi Kamu dan melaksanakan inspeksi kebugaran reproduksi secara rutin.

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *