free hit counter Titik Gempa Pacitan M 4,8 Terasa hingga Yogyakarta, Ini Penjelasan BMKG - burtonmotorfactors.com

Titik Gempa Pacitan M 4,8 Terasa hingga Yogyakarta, Ini Penjelasan BMKG

Gempa tektonik mengguncang wilayah Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, pada hari Rabu, 13 Oktober 2021 pukul 12.00.47 Wib. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (Bmkg) mengungkapkan gempa Pacitan ini berkekuatan M 4,8.

Tak hanya di Pacitan, guncangan gempa mutakhir juga dirasakan di Trenggalek, Gunungkidul, Bantul sampai Yogyakarta.

Daya gempa bumi di Gunungkidul mencapai skala III MMI (Modified Mercalli Intensity) bersama getaran konkret yang dirasakan di di dalam tempat tinggal, layaknya getaran implikasi truk yang berlalu.
Sedangkan, di area Yogyakarta, daya gempa mencapai skala II MMI bersama dengan efek getaran yang dirasakan oleh sebagian orang sampai mengakibatkan benda-benda gampang yang digantung jadi bergoyang.

Kepala Stageof BMKG Sleman Ikhsan, mengatakan bahwa episenter gempa terletak pada koordinat 8,87 LS dan 110,97 Bt, tepatnya berada di bahari bersama dengan jeda 78 km ke arah Barat Energi Pacitan, pada kedalaman 55 km.

Bersama lihat episenter, dan juga kedalaman hiposenter gempa Pacitan, kenyataan ini terhitung gempa dangkal implikasi subduksi Lempeng Indo-Australia yang menghunjam ke bawah Lempeng Eurasia di Samudra Hindia, di selatan Pulau Jawa.

Sampai hari Rabu, 13 Oktober 2021 pukul 12.40 Wib, tercatat tidak terdapat gempa susulan. Rakyat juga diimbau supaya tetap tenang.

Tak hanya tersebut, rakyat harap sehingga tidak terpengaruh oleh hoaks atau isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Untuk berita mengenai gempa mutakhir penduduk bisa mengaksesnya lewat kanal informasi Bmkg.

Kelanjutannya, rakyat lagi diberikan imbauan untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak implikasi gempa.

Harap untuk memeriksa dan memastikan bahwa bangunan daerah tinggal waktu ini lumayan tahan akan gempa atau tidak ditemukan rusaknya implikasi gempa Yogyakarta yang membahayakan.

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *