free hit counter Tujuh Kilang Minyak yang Tersebar di Indonesia - burtonmotorfactors.com

Tujuh Kilang Minyak yang Tersebar di Indonesia

Tahukah Sobat BMF  bahwa Indonesia mempunyai kekayaan sumber kekuatan alam yang luar bisa melimpah, keliru satunya kekayaan alam berupa cadangan minyak bumi. Maka tidak mengherankan, titik kilang minyak tersebar di wilayah Indonesia.

Tapi sebelumnya, apa sih yang dimaksud bersama dengan kilang minyak?
Kilang minyak merupakan pabrik/fasilitas industri yang mengolah minyak mentah jadi product petroleum yang bisa segera digunakan maupun product-product lain yang jadi bahan standar industri petrokimia.

Product-Product primer yang dihasilkan berasal dari kilang minyak antara lain minyak bensin (Gasoline), minyak diesel, dan minyak tanah (Kerosine). Setidaknya terdapat 7 (Tujuh) titik kilang minyak di Indonesia, yaitu:

1. Kilang Pangkalan Brandan

Kilang Pangkalan Brandan Pertamina unit pengolahan I Pangkalan Brandan, Sumatera Utara merupakan kilang yang dibangun semenjak terlampau lama. Tetapi sayangnya, Kilang Pangkalan Brandan kala ini udah ditutup pada awal 2007 gara-gara kurangnya pasokan minyak mentah maupun gas di titik itu.

2. Kilang Dumai / Sei Pakning di Riau

Kilang minyak ini menghasilkan Bahan Bakar Minyak (Bbm) dan Non Bahan Bakar Minyak (Nbbm) bersama dengan kapasitas kilang sebesar 127.000 barel per hari yang didistribusikan ke beraneka pelosok tanah air sampai mancanegara.

3. Kilang Cilacap

Kilang Cilacap merupakan kilang bersama dengan fasilitas terlengkap dan mempunyai produksi terbesar yaitu 348.000 barrel/hari. Kilang ini memasok 34Persen keperluan BBM nasional atau 60Prosen keperluan BBM di Pulau Jawa. Tidak cuman tersebut, kilang ini merupakan satu-satunya kilang di tanah air yang memproduksi aspal dan base oil untuk keperluan pembangunan infrastruktur di tanah air.

4. Kilang Balikpapan

Kilang Balikpapan terletak di tepi teluk Balikpapan, meliputi areal seluas 2,5 km persegi bersama kapasitas 260.000 barel per hari. Tugas kilang minyak Balikpapan adalah mengolah minyak mentah jadi product product yang siap dipasarkan yaitu BBM dan non Bbm.

5. Kilang Kasim

Kilang BBM Kasim berada di desa Malabam kecamatan Seget kabupaten Sorong, Papua bersebelahan bersama Kasim Marine Terminal (Kmt) Petro China, tidak cukup lebih 90 km sebelah selatan kota Sorong.

6. Kilang Balongan

Kilang ini berlokasi di Indramayu (Jawa Barat) bersama wilayah operasi di Balongan, Mundu dan Salam Pengabdian. Kilang ini memproduksi layaknya Premium, Pertamax, Pertamax Plus, Solar, Pertamina Dex, Kerosine (Minyak Tanah), Lpg, Propylene.

7. Kilang Cepu

Pada awalnya tugas primer berasal dari kilang Cepu adalah untuk sedia kan BBM untuk masyarakat dan keperluan pertahanan militer di Jawa. Kilang minyak Cepu ditopang 6 lapangan minyak yaitu Kawenangan, Nglondo, Ledok, Semanggi, Tapen, dan Tambakrejo

 

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *